Pada Kamis – Jumat 11-12 Juli 2024 Akademi Teknik Indonesia (ATI) Cut Meutia mengikuti kegiatan yang diselenggarakan oleh LLDikti Wilayah I dengan tema kegiatan “Rapat Koordinasi (Rakor) Kehumasan bagi Perguruan Tinggi Swasta di Lingkungan LLDikti Wilayah I Tahun 2024” yang diselenggarakan di Hotel Emerald Garden Medan.
Narasumber pada kegiatan ini adalah Ibu Amalia Meutia, M.Psi., Psikolog selaku Kepala Humas, Protokoler dan Promosi Universitas Sumatera Utara dengan materi “Manajemen Krisis Pemberitaan di Perguruan Tinggi studi kasus: Plagiarisme, Hak Cipta, & Ujaran Kebencian”. Bapak Prof. H. Saiful Anwar Matondang, M.A., Ph.D. Kepala LLdikti Wilayah I dengan materi “Reformasi Birokrasi dan Pelayanan Publik di LLDikti Wilayah I”. Bapak Deddy Pranata, S.E Founder Kampung Digital dengan Materi “Humas Kreatif.” Bapak Dr. Ribut Priadi, M.I.Kom Kepala Humas UMSU dengan materi “Kisah Sukses Humas PTS tentang teknis pengelolaan kegiatan kehumasan (terutama di AHD)”. Ibu Nazriani Lubis.,M.Hum Kepala Humas UMN Al- Washliyah dengan materi Kisah Sukses Humas PTS ttg Pembentukan Insan Humas PTS (terutama di AHD) dan legitimasi struktur organisasi kehumasan di setiap PTS.
Humas Perguruan Tinggi memiliki peran penting saat ini. “Humas memiliki tanggung jawab besar dalam menyampaikan informasi akurat dan transparan” kata Prof. H. Saiful Anwar Matondang, M.A., Ph.D. Tujuan humas perguruan tingi adalah membangun dan memelihara citra institusi, mengelola komunikasi Internal dan Eksternal, meningkatkan Brand Awareness, mengelola krisis, menjalin hubungan dengan media, menyelenggarakan acara dan kegiatan, meningkatkan keterlibatan alumni, mendukung penerimaan mahasiswa Baru, membangun hubungan dengan komunitas, mengelola konten digital dan sosial media.
Strategi kehumasan adalah identifikasi tujuan dan sasaran, produksi konten, saluran komunikasi (media sosial, website, email dll) serta pengelolaan krisis. Jenis konten pada perguruan tinggi adalah informasi akademik, tips akademik, prestasi mahasiswa, cerita mahasiswa, event kampus dan konten kreatif. Dalam membangun branding perguruan tinggi perlu ciri khas perguruan tinggi. Ciri khas ini dikenal lewat lima panca indra. Informasi yang disampaikan harus akurat, up to date, informatif dan menarik.
Bapak Deddy Pranata, S.E. memberikan tips humas kreatif yaitu kenali audiens, bangun konten yang menarik, bersikap jujur dan otentik, berinteraksi dengan audiens, gunakan platform tepat dan ukur efektivitas (jangkauan, keterlibatan dan konversi).
Tinggalkan Komentar